Selasa, 17 Januari 2023

Uas Ekonomi Manajerial

 Nama : Ricardo Igronius S

Nim : 01219162

Kelas : Manajemen A-1



Ekonomi Manajerial UAS 

Kisi - kisi Ekonomi Manajerial

 

Soal - soal

1.       Perusaan penghasil makanan ringan yang menjual hasil produknya di Denpasar perusahaan tsb, menghadapi fungsi sbb :

Q1 = 120  -  10P1

Q2 = 120  -  10P2

Dimana fungsi TC = 90 + 2(Q1 + Q2) ditanya

a.       Berapa jumlah Q yang dijual di masing - masing pasar

b.       Pada harga berapa agar keuntungan dan pendapatan maksimal jika menetapkan diskriminasi harga tingkat 3.

c.       Berapakah TR dan berapa keuntungannya.

d.       Jika tidak menetapkan diskriminasi harga, berapa beda pendapatan dan keuntungannya

 

Jawab :

 

Q1 = 120  -  10P1  => P1 = 12  -  0,1 Q1

Q2 = 120  -  20P2  => P2 = 6  -  0,05 Q2

 

TR = P.Q

=>

TR1 = P1. Q1

= (12  -  0,1 Q1)( Q1)

=12 Q1  -  0,1Q2


 

 

 


 

=>

TR2 = P1. Q1

= (6  -  0,05 Q2)( Q2)

= 6 Q2  -  0,05Q2


 

TC

=

90 + 2(Q1 + Q2)


Π

=

=

=

TR1 + TR2 - TC

(12 Q1  -  0,1Q2)  + (6 Q2  -  0,05Q2)  -  (90 + 2(Q1 + Q2))

12 Q1  -  0,1Q2  + 6 Q2  -  0,05Q2  -  90  -  2Q1  -  2Q2


 

 

 


dΠ/dQ1

=

12  -  0,2Q1  -  2 =0


0,2Q1

Q1

=

=

=

12  -  2

10/0,2

50

 


dΠ/dQ2

=

6  -  0,1Q2  -  2 =0


0,1Q2

Q1

=

=

=

6  -  2

4/0,1

40

 


d2Π1/dQ1

d2Π2/dQ2

=

=

 -  0,2 < 0, max

 -  0,1 < 0, max 

 


Perusahaan menjual pada Q1 = 50 dan Q2 = 40


P1

=

=

=

=

12  -  0,1 Q1 => Q1 = 50

12  -  0,1(50)

12 - 5

7


P2

=

=

=

=

6  -  0,05 Q2 => Q1 = 40

6  -  0,05(40)

6 - 2

4


Π

=

=

=

12 Q1  -  0,1Q12  + 6 Q2  -  0,05Q22  -  90  -  2Q1  -  2Q2

12(50)  -  0,1(50)2 + 6(40)  -  0,05(40)2  -  90  -  2(50)  -  2(40)

240








 

Perusahaan menjual pada harga pasar 1 P1 = 7 dan P2 = 4 

Keuntungan : 240

 

Jika tidak terjadi diskriminasi harga :

Q

=

Q1 + Q2

 


Q

Q

P

=

=

=

120  - 10P + 120 - 120P

240 - 30P

8 - 0,0333Q

 

 


TR

=

=

=

 

P*Q

(8 - 0,333Q)(Q)

8Q - 0,0333Q2

 


Π

=

=

=

 

TR - TC

8Q - 0,0333Q2   -  (90 + 2Q)

8Q - 0,0333Q2   -  90  -  2Q 

 

 


dΠ/dQ

0,0667Q

Q

=

=

=

=

8 - 0,0666Q - 2

6

6/0,0667

89,96 = 90

 

 


d2Π/dQ

 

=

 - 0,0667<0 => max

 

 


Qmax pada saat Q = 90

 

 


P

=

=

=

 

8  -  0,0333Q

8  -  0,0333(90)

5

 


Π

=

=

=

=

 

8Q - 0,0333Q2   -  90  -  2Q 

8(90)  -  0,0333(90) 2   -  90 - 2(90)

720 - 269,73  - 90  - 180

180

 











 





2.       Jika fungsi TC menjadi TC = 20 + 4(Q1 + Q2), hitunglah a sd d pada soal nomor 1

 

Jawab :

 

Q1 = 120  -  10P1  => P1 = 12  -  0,1 Q1

Q2 = 120  -  20P2  => P2 = 6  -  0,05 Q2

 

TR = P.Q

=>

TR1 = P1. Q1

= (12  -  0,1 Q1)( Q1)

=12 Q1  -  0,1Q2


 

 

 


 

=>

TR2 = P1. Q1

= (6  -  0,05 Q2)( Q2)

= 6 Q2  -  0,05Q2


 

TC

=

90 + 4(Q1 + Q2)


Π

=

=

=

TR1 + TR2 - TC

(12 Q1  -  0,1Q2)  + (6 Q2  -  0,05Q2)  -  (90 + 4(Q1 + Q2))

12 Q1  -  0,1Q2  + 6 Q2  -  0,05Q2  -  90  -  4Q1  -  4Q2


 

 

 


dΠ/dQ1

=

12  -  0,2Q1 - 4 =0


0,2Q1

Q1

=

=

=

12  -  4

8/0,2

40

 


dΠ/dQ2

=

6  -  0,1Q2 - 4 =0


0,1Q2

Q1

=

=

=

6  -  4

2/0,1

20

 


d2Π1/dQ1

d2Π2/dQ2

=

=

 -  0,2 < 0, max

 -  0,1 < 0, max 

 


Perusahaan menjual pada Q1 = 40 dan Q2 = 20


P1

=

=

=

=

12  -  0,1 Q1 => Q1 = 40

12  -  0,1(40)

12 - 4

8


P2

=

=

=

=

6  -  0,05 Q2 => Q2 = 20

6  -  0,05(20)

6 - 1

5


Π

=

=

=

12 Q1  -  0,1Q12  + 6 Q2  -  0,05Q22  -  90  -  2Q1  -  2Q2

12(40)  -  0,1(40)2 + 6(20)  -  0,05(20)2  -  90  -  2(40)  -  2(20)

210








 

Perusahaan menjual pada harga pasar 1 P1 = 8 dan P2 = 5 

Keuntungan : 210

 

Jika tidak terjadi diskriminasi harga :

Q

=

Q1 + Q2

 


Q

Q

P

=

=

=

120  - 10P + 120 - 120P

240 - 30P

8 - 0,0333Q

 

 


TR

=

=

=

 

P*Q

(8 - 0,333Q)(Q)

8Q - 0,0333Q2

 


Π

=

=

=

 

TR - TC

8Q - 0,0333Q2   -  (90 + 4Q)

8Q - 0,0333Q2   -  90  -  4Q 

 

 


dΠ/dQ

0,0667Q

Q

=

=

=

=

8 - 0,0666Q - 4

4

4/0,0667

59,98 = 60

 

 


d2Π/dQ

 

=

 - 0,0667<0 => max

 

 


Qmax pada saat Q = 60

 

 


P

=

=

=

 

8  -  0,0333Q

8  -  0,0333(60)

6

 


Π

=

=

=

=

 

8Q - 0,0333Q2   -  90  -  4Q 

8(60)  -  0,0333(60) 2   -  90 - 4(60)

480 - 119,88  - 90  - 240

30

 

 

 











3.        

PROYEK A

PROYEK B


Probabilitas

Arus Kas

Probabilitas

Arus Kas


0,30

0,40

0,30

4.000

5.000

6.000

0,30

0,40

0,30

3.000

5.000

7.000


 

Ditanya :

a.       Hitunglah Standar Deviasi dari kedua proyek tsb.

b.       Proyek mana yang akan diambil

 

 










Jawab  :

 

Proyek A

Probabilitas

Hasil Investasi

(Arus kas)

Nilai yang

diperkirakan

Deviasi

Deviasi 2

Probabilitas

(P1)

Deviasi 2

X Probabilitas


 

0,30

0,40

0,30

 

4.000

5.000

6.000

 

1.200

2.000

1.800

 

 - 1.000

0

1.000

 

1.000.000

0

1.000.000

 

0,30

0,40

0,30

 

300.000

0

300.000


 

 

5.000

 

 

Varian σ 2  

600.000


 

 

 

 

Deviasi Standart σ = V σ 2

V600.000

= 774,59


Proyek B

Probabilitas

Hasil Investasi

(Arus kas)

Nilai yang

diperkirakan

Deviasi

Deviasi 2

Probabilitas

(P1)

Deviasi 2

X Probabilitas


 

0,30

0,40

0,30

 

3.000

5.000

7.000

 

900

2.000

2.100

 

 - 2.000

0

2.000

 

4.000.000

0

4.000.000

 

0,30

0,40

0,30

 

1.200.000

0

1.200.000


 

 

5.000

 

 

Varian σ 2  

2.400.000


 

 

 

 

Deviasi Standart σ = V σ 2

V2.400.000

=1.549,9


 

Dari kedua proyek tersebut maka proyek B lebih berisiko dibandingkan proyek A, maka dipilih proyek A

 

4.       Sebuah perusahaan sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi dengan biaya Rp. 1.000.000. Selama investasi diperkirakan tingkat pengembalian adalah 700.000 selama 4 tahun. Jika tingkat diskon yang disesuaikan sebesar 15%

a.       Apa yang harus diputuskan oleh perusahaan tersebut (hitung NPV)

b.       Jika perusahaan menganggap nilai yang sepadan adalah Rp. 500.000 untuk tingkat pengembalian yang berisiko Rp. 100.000. Berapakah nilai bersih dari proyek tersebut

 

Jawab  :

a.       

NPV

=

=

=

=

=

t=1Σ4Rt/(1+k)t - Co

700.000/(1+0,15)4 - 1.000.000

700.000 (2,8550) - 1.000.000

1.998.500 - 1.000.000

998.500


 

b.      jika nilai yang sepadan adalah 500.000 

α

=

=

 

500.000/700.000

0,7

 

 


NPV

=

=

=

=

=

t=1Σ4αRt/(1+k)t - Co

(0,7)700.000/(1+0,15)4 - 1.000.000

490.000 (2,8550) - 1.000.000

1.398.950 - 1.000.000

398.950








 

 

 

5.       Hitunglah IRR dari soal no.3

 

Jawab  :

NPV coba - coba dengan diskon rate 28%

NPV

=

=

=

=

=

t=1Σ4Rt/(1+k)t - Co

700.000/(1+0,28)4  -  1.000.000

700.000 (2,2410)  -  1.000.000

1.5688.700  - 1.000.000

568.700

 


r

=

=

 

P1 - C1 (P2 - P1 / C2 - C1) => P=Diskon rate c=NPV

15 - 998.500 (13/ - 429.800)

15 - 998.500 ( - 0,000030)

15 + 30,20

45,20%                                              







 

6.       Fungsi permintaan

Q = 100  -  P

TC = 70 + 2Q

Hitung

Q Max

TR Max

Π max.

Q jika Π = 85

 

Jawab  :

Q = 100  -  P  => P = 100  -  Q

a. Q max

TR = P.Q

=>

TR = P. Q

= (100  -  Q)( Q)

= 100Q  -  Q2


TR max pada saat TR = 0


TR

dTR/dQ

2Q

Q

Q max

=

=

=

=

=

100Q  -  Q2

100 - 2Q = 0

100

100/2

50


Q max adalah 50


 

b. TR max


TR 

=

=

=

=

100Q  -  Q2

100(50) -  (50) 2 

5.000 - 2.500

2.500








 

c. Π max

 dΠ/dQ

 

 

2Q 

Q

=

=

=

=

=

 

100Q  -  Q2 - 70  -  2Q

98Q  -  Q2 - 70

98 - 2Q = 0

98

49


Π max

=

=

=

=

=

=

 

TR  -  TC 

100Q  -  Q2 - (70 + 2Q)

100Q  -  Q2 - 70  -  2Q

100(49) - (49) 2   -  70 - 2(49)

4.900 - 2.401 - 70  -  98

2.331

 


 

d. Q jika Π = 85

 

 

 


 

 

7.  Struktur Pasar dan Praktek penentuan harga

 

Pasar : pertemuan/tempat dimana penjual dan pembeli bertemu secara potensial

 

Struktur Pasar : adanya persaingan dimana penjual dan pembeli berinteraksi

1.       Pasar persaingan sempurna contoh : bursa saham

Adalah bentuk pasar dimana:

a.       Banyak terdapat pembeli dan penjual suatu produk, masing - masing terlalu kecil untuk mempengaruhi suatu produk;

b.       Produknya bersifat homogen; 

c.       Terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna;

d.       Agen ekonomi memiliki pengetahuan yang sempurna tentang kondisi pasar.

 

Cirinya : 

-          Banyak penjual dalam satu produk

-          Harga ditentukan oleh konsumen

-          Barang bersifat homogen 

-          Terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna

-          Mudah masuk pasar

2.       Pasar monopoli

Adalah bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan yang yang menjual sebuah produk yang tidak memiliki substitusi dekat. Perusahaan baru sangat sulit bahkan tidak mungkin masuk kedalam industri ini.

Cirinya : 

-          hanya terdapat satu perusahaan

-          sulit untuk masuk pasar

-          terjadi karena adanya sumber daya yang tidak dimiliki perusahaan lain

3.       Persaingan monopolistik

Mengacu pada kasus di mana terdapat banyak penjual produk yang terdiferensiasi dan perusahaan - perusahaan cukup mudah keluar dan masuk ke dalam industri jangka panjang.

Cirinya : 

-          Banyak produk yang dijual

-          Mudah masuk pasar

-          Banyak penjual

4.       Pasar oligopoli

Adalah kasus ketika terdapat sedikit penjual sebuah produk yang homogen ataupun terdiferensiasi. Meskipun kemungkinan selalu ada bagi perusahaan baru untuk masuk ke dalam industri ini, untuk melakukannya tidaklah mudah

Cirinya : 

-          Tidak terlalu banyak penjual tetapi lebih dari satu perusahaan 

-          Mudah masuk pasar tidak semudah pasar persaingan sempurna

 

Diskriminasi Harga :

 

Diskriminasi harga : mengacu pada penentuan harga yang berbeda - beda, pada kuantitas yang berbeda pada sebuah produk, pada waktu yang berbeda untuk setiap pelanggan yang berbeda, atau pasar yang berbeda, tetapi bukan berdasarkan perbedaan biaya.

Contoh :

1.       Penentuan harga oleh perusahaan telepon, tarif lebih tinggi pada jam - jam sibuk, tarif lebih tinggi untuk bisnis daripada rumah tangga

2.       penentuan harga oleh perusahaan energi (PLN, PGN) harga rendah untuk rumah tangga, tinggi untuk kalangan bisnis.

3.       penentuan harga menginap di hotel yang lebih murah untuk acara - acara rapat dsb.

 

Tiga kondisi harus dipenuhi agar dapat menetapkan diskriminasi harga :

1.       Perusahaan tersebut harus mempunyai kemampuan mengendalikan harga produk.

2.       Elastisitas harga permintaan produk tersebut harus berbeda untuk jumlah produk yang berbeda, pada waktu yang berbeda, untuk kelompok  pelanggan yang berbeda atau pasar yan berbeda;

3.       Jumlah produk atau jasa tersebut, kapan waktu digunakan atau dikonsumsi, dan kelompok pelanggan harus dapat dipisahkan.

 

Tiga jenis diskriminasi :

1.       Diskriminasi harga tingkat pertama : berkaitan dengan penjualan setiap unit produk secara terpisah da mengenakan harga setinggi mungkin bagi setiap unit produk yang dijual

2.       Diskriminasi harga tingkat kedua : mengacu pada penentuan harga per unit yang sama untuk sejumlah  atau sekelompok produk tertentu yang dijual kepada setiap pelanggan, kemudian memberikan harga yang lebih murah per unitnya untuk sejumlah atau sekelompok tambahan produk tersebut;

3.       Diskriminasi harga tingkat ketiga : mengacu pada penentuan harga yang berbeda - beda untuk produk yang sama dalam pasar yang berbeda, sehingga pendapatan marginal per unit terakhir yang dijual dalam setiap pasar sama dengan biaya marginal untuk menghasilkan produk tersebut

 

Sumber - sumber biaya :

1.       Sumber internal : dari laba ditahan

2.       Sumber eksternal : dari kredit/pinjaman dan penjualan saham

 

Biaya utang (cost of debt) adalah pengembalian yang diminta pemberi pinjaman untuk pinjaman ang mereka berikan kepada perusahaan

 

Biaya modal ekuitas adalah tingkat pengembalian yang diminta pemegang saham agar mau berinvestasi dalam perusahaan.

 

Metode - metode/model estimasi biaya modal :

1.       Model : Suku bunga bebas risiko (rf) plus premi risiko (rp) yaitu ke =  rf + rp

2.       Model Penilaian Dividen

3.       Model Penetapan Harga Aset Modal (CAPM : Capital Asset Pricing Model )

 


Minggu, 27 November 2022

Uts Ekonomi Manajerial

 Nama : Ricardo Igronius s

Nim : 01219162

Kelas : Manajemen A


Dosen : IGA AJU NITYA DHARMANI S.ST.,S.E.,M.M

Link Tugas : https://youtu.be/bIdly-qWONo

Terimakasih

Minggu, 04 Juli 2021

Ujian Akhir Semester

 Nama : Ricardo Igronius s

Nim : 01219162

Kelas : Manajemen A


Ujian akhir semester Etika Bisnis


1.  Kasus Pelanggaran Etika Bisnis (PADA ALBOTHYL OLEH PERUSAHAAN PT.PHAROS)

Dimulai dari Viostin dan Enzyplex tanggal 5 Februari 2018 karena terbukti mengandung DNA babi, kini Albothyl pun dibatalkan izin edarnya per tanggal 15 Februari setelah ada 38 laporan kasus terkait efek samping serius yang timbul akibat penggunaan Albothyl, oleh profesional kesehatan dalam empat tahun terakhir ini.

Tapi untuk kasus Albothyl kali ini, tentunya dianggap sangat serius karena berkaitan dengan keselamatan pasien. Dalam 38 laporan kasus tersebut menunjukkan bahwa adanya efek samping Albothyl yang malah memperparah sariawan yang diderita pasien dan menyebabkan infeksi (noma like lession).

Kejadian ini sedikit banyak menimbulkan pertanyaan dari masyarakat dan kalangan profesi kesehatan. Produsen yang dianggap tidak serius dengan keamanan produknya atau regulator yang dianggap tidak cermat dalam mengevaluasi produk sebelum memberikan Nomor Izin Edar.

Perlu diketahui bahwa kualitas dan keamanan setiap produk obat maupun makanan yang beredar di Indonesia dikontrol oleh BPOM atau disebut juga post-market surveillance. Post-market surveillance ini biasanya dilakukan dengan cara sampling (mengambil contoh produk langsung dari pasaran untuk diuji di laboratorium). Dan cara samplingini bisa dilakukan secara rutin (misalnya menjelang akhir tahun atau Idul Fitri) maupun secara mendadak jika diduga ada yang tidak sesuai ketentuan.

Untuk diketahui, Pasal 8 UU Perlindungan Konsumen menyatakan bahwa pelaku usaha dilarang keras memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak memenuhi atau tidak sesuai standar yang diatur sesuai ketentuan peraturan perundangan. Pelanggaran atas ketentuan ini bisa dipidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp2.000.000.000 (dua miliar rupiah).


2. PT Asuransi Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya juga dianggap sebagai pelanggaran etika dalam bisnis yang termasuk moralitas berat. Pelanggaran kejujuran dan juga kehati hatian lah yang menjadi sorotan dalam kasus ini. Praktik manajemen yang buruk, membuat keuangan negara merugi hingga Rp 13,7 Triliun. Dan lagi lagi perusahaan asuransi ternama ini adalah milik pemerintah.

Dikategorikan dalam pelanggaran moral karena sudah mengkhianati janji suci antara pengelola saham dengan pembeli. Dari contoh kasus pelanggaran etika bisnis dan analisisnya ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa seharusnya dalam bisnis yang bergerak di bidang saham kualitas moral harus teruji. Selain itu juga kejujuran, transparan dan kehati hatian harus dimiliki.

Kasus korupsi pada PT Jiwasraya akan diterapkan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) jika penyidik menemukan hasil korupsi yang disamarkan. Dalam hal ini, kasus Jiwasraya ditetapkan sebagai kasus korupsi dengan dugaan tindak pidana korupsi dengan ancaman Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Namun sampai saat ini, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus masih mendalami dan mencari bukti lebih lanjut untuk membongkar dugaan kasus korupsi yang terjadi di PT Jiwasraya.



3.  PT Garuda Indonesia

Contoh kasus pelanggaran etika bisnis dan analisisnya yang berikutnya bisa dilihat dari kasus PT Garuda Indonesia yang terjadi pada tahun 2018 silam. Dimana maskapai penerbangan milik BUMN ini telah melanggar kode etik berbisnis, yakni dengan adanya manipulasi pada laporan keuangannya.

Status plat merah saham milik maskapai inilah yang menjadi awal mulanya.
Tidak hanya itu, PT Garuda Indonesia juga meniadakan produk yang ditawarkan murah di tahun 2020. Belum lagi kasus penyelundupan Harley Davidson dan Brompton. Kasus yang menimpa PT Garuda Indonesia sudah dijatuhi hukuman dan terbukti bersalah. Dan prinsip nilai sincerity yang telah diterapkan sudah dilanggar oleh beberapa pihak. Dalam kasus ini Garuda Indonesia dinyatakan bersalah karena melanggar Pasal 5 UU Nomor 5 Tahun 1999 yang mana pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga.


4.  Kasus PB Djarum dan KPAI

Kasus ini diawali dari laporan Yayasan Lentera Anak kepada KPAI tentang adanya kemungkinan eksploitasi anak pada seleksi PB Djarum. Di mana dalam kegiatan yang diadakan, anak-anak menggunakan kaos yang ada tulisan merek Djarum yang cukup mencolok.

Ketua dari Yayasan Lenteran Anak, Lisda Sundari, menyatakan bahwa hal itu melanggar PP 109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa tembakau untuk kesehatan. Kurang lebih ada 3 pasal yang dilanggar PB Djarum. Pertama, semua yang disponsori oleh produk tembakau tak boleh melibatkan anak. Kedua, tak boleh menggunakan citra merek dan logo produk tembakau. Dan yang terakhir, tidak boleh dipublikasikan.


5.  Tokopedia

Di penghujung tahun 2020 lalu, nama Tokopedia begitu banyak disebut. Bukan lantaran promo dan berbagai fitur terbarunya, melainkan karena kasus kebocoran data para pengguna. Berita ini tentunya begitu mengejutkan, apalagi Tokopedia sudah masuk dalam jajaran perusahaan startup unicorn. Memang kebocoran data ini bukanlah pertama kalinya terjadi di Indonesia.

Dalam kasusnya, diketahui ada 91 juta data pengguna dan 7 juta data penjual yang bocor. Bahkan semua data ini dijual di arak web dengan harga sekitar $5000. Dengan bocornya data tersebut, pihak Tokopedia meminta penggunanya untuk mengganti password. Jika dilihat dari etika bisnis, kasus ini terbilang rumit.

Bagi pengguna aplikasi, kasus ini termasuk contoh kasus pelanggaran etika bisnis dan analisisnya. Sementara Tokopedia sendiri juga menjadi korban karena sistem keamanan mereka telah dibobol. Sikap pemerintah dalam menanggapi kasus kebocoran data tidak begitu tegas. Indonesia sebenarnya sudah memiliki peraturan mengenai hal ini berbentuk Peraturan Menteri (Permen) No 20 Tahun 2016 tentang perlindungan data pribadi, namun untuk kebocoran data berskala besar belum diberikan sanksi tegas untuk e-commerce yang tidak apik dalam menjaga data pengguna. Dalam UU ITE tidak disebutkan dengan jelas sanksi yang diberikan untuk e-commerce yang lalai dalam menjaga kerahasiaan data pengguna. Dengan ketidakjelasan regulasi dari pemerintah ini yang mengakibatkan e-commerce lainnya mungkin saja melakukan tindakan serupa dengan yang Tokopedia lakukan selain itu ketidakjelasan regulasi dari pemerintah menyamarkan pelanggaran etika bisnis yang dilakukan oleh Tokopedia.


#BanggaNarotama

#NarotamaJaya

#ThinkSmart

#GenerasiEmas

#SuksesItuAku

#PebisnisMudaNarotama

Senin, 19 April 2021

Ujian Tengah Semester. Etika Bisnis


NAMA: RICARDO IGRONIUS SIAHAAN 

NIM : 01219162

KELAS :  Manajemen A -1


ETIKA BISNIS


Jawaban

Bagian 1

1 . Etika merupakan suatu cabang ilmu filsafat, tujuannya adalah mempelajari perilaku, baik moral maupun immoral, dengan tujuan membuat pertimbangan yang cukup beralasan dan akhirnya sampai pada rekomendasi yang memadai yang dapat diterima secara umum. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. 

2. Etika Deontologi adalah sebuah istilah yang berasal dari kata Yunani ‘deon’ yang berarti kewajiban dan ‘logos’ berarti ilmu atau teori. Mengapa perbuatan ini baik dan perbuatan itu harus ditolak sebagai keburukan, deontologi menjawab, ‘karena perbuatan pertama menjadi kewajiban kita dan karena perbuatan kedua dilarang’. Etika Deontologi adalah teori filsafat moral yang mengajarkan bahwa sebuah tindakan itu benar kalau tindakan tersebut selaras dengan prinsip kewajiban yang relevan untuknya.

Ada dua kesulitan yang diajukan terhadap teori deontologi, khususnya terhadap pandangan-pandangan Kant yaitu:

Pertama, bagaimana jadinya apabila seseorang dihadapkan pada dua perinth atau kewajiban moral dalam situasi yang sama, tetapi keduanya tidak bisa dilaksanakan sekaligus, bahkan keduanya saling meniadakan. Untuk memecahkan kesulitan pertama ini, Kant memberi dua hukum moral sebagai perintah tak bersyarat yang sekaligus dapat menjawab persoalan tersebut diatas. Hukum moral pertama, menurut Kant, berbunyi: bertindaklah hanya berdasarkan perintah yang kamu sendiri kehendaki akan menjadi sebuah hukum universal. Kedua, Kant juga mengajukan perintah tak bersyarat lainnya : bertindaklah sedemikian rupanya sehingga anda sealu memperlakukan manusia, entah dalam dirimu sendiri atau pada orang lain.

Persoalan kedua, sebagaimana dikatakn John Stuart Mill, para penganut etika deontologi sesungguhnya ytidak bisa mengelakkan pentingnya akibat dari suatu tindakan untuk menentukan apakah tindakan itu baik atau buruknya. Dalam perspektif etika Adam Smith, persoalan ini dapat dipecahkan secara lain. Menurut Adam Smith, suatu tindakan dapat dinilai baik dan buruk berdasar motif pelakunya serta akibat atau tujuan dari tindakan itu

3. Etika Teleologi berasal dari kata Yunani,  telos = tujuan. Mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang mau dicapai dengan tindakan itu, atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu.

Dua aliran etika teleologi :

Egoisme Etis Inti pandangan egoisme adalah bahwa tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar pribadi dan memajukan dirinya sendiri.Satu-satunya tujuan tindakan moral setiap orang adalah mengejar kepentingan pribadi dan memajukan dirinya.Egoisme ini baru menjadi persoalan serius ketika ia cenderung menjadi hedonistis, yaitu ketika kebahagiaan dan kepentingan pribadi diterjemahkan semata-mata sebagai kenikmatan fisik yg bersifat vulgar.


Utilitarianisme Berasal dari bahasa latin utilis yang berarti “bermanfaat”. Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja  satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan.Utilitarianisme , teori ini cocok sekali dengan pemikiran ekonomis, karena cukup dekat dengan Cost-Benefit Analysis. Manfaat yang dimaksudkan utilitarianisme bisa dihitung sama seperti kita menghitung untung dan rugi atau kredit dan debet dalam konteks bisnis

Utilitarianisme, dibedakan menjadi dua macam :

1.Utilitarianisme Perbuatan (Act Utilitarianism)

2.Utilitarianisme Aturan (Rule Utilitarianism)


4 . Kata “profesi” diadaptasi ke dalam bahasa Inggris yaitu “profession” yang diserap dari bahasa Latin “professus”. Kedua kata tersebut memiliki arti yaitu mampu atau ahli di bidang tertentu. Jadi secara bahasa pengertian profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tertentu yang diperoleh di perguruan tinggi, yang pada umumnya mencakup pekerjaan mental yang didukung oleh kepribadian dan sikap profesional. arti profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan atau keterampilan khusus, sehingga orang yang memiliki pekerjaan tersebut harus mengikuti beberapa pelatihan agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

- Perbedaan profesi dan hobi

Seperti penjelasan saya di atas Profesi adalah bidang pekerjaan yg dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dsb) tertentu , sedangankan hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pd waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

Ciri-ciri profesi :

1. Adanya keahlian dan keterampilan khusus

2. Adanya komitmen moral yang tinggi

3. Pengabdian kepada masyarakat

4. Biasanya tergabung didalam suatu organisasi profesi

5. Membuthkan pengalaman

    ciri-ciri hobi:

1. hanya dilakuakn di waktu senggang

2. biasanya dilakukan bukan untuk mencari pendapatan

3. membuthkan keahlian khusus


5 . *Argumen yang mendukung mitos bisnis amoral antara lain :

- Bisnis sama dengan judi sebuah bentuk persaingan dan permainan yang mengutamakan kepentingan pribadi dan mengupayakan segala macam cara untuk mencapai kemenangan.

- Aturan yang dipakai dalam bisnis berbeda dengan aturan dalam kehidupan sosial.

- Orang bisnis yang mematuhi aturan moral akan berada dalam posisi yang tidak menguntungkan di tengah persaingan yang ketat.

*Argument yang menentang ada nya mitos bisnis amoral antara lain :

- Bisnis tidak sama dengan judi atau permainan, yang dipertaruhkan dalam bisnis tidak hanya uang atau barang, tetapi juga harga diri, nama baik, dll.

- Bisnis tidak mempunyai aturan sendiri yang berbeda dengan aturan kehidupan sosial masyarakat.

- Harus dibedakan antara legalitas dan moralitas. Praktek bisnis tertentu yang dibenarkan secara legal belum tentu dibenarkan secara moral.

- Etika harus dibedakan dengan ilmu empiris. Dalam ilmu empiris, fakta yang berulang terus dan terjadi dimana-mana menjadi teori dan hukum ilmiah, dalam etika tidak demikian

6 . Etika bisnis adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang masih berkaitan dengan personal, perusahaan ataupun masyarakat. atau pengetahuan tentang tata cara ideal dalam pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal secara ekonomi maupun sosial.


Mengapa penting bagi pelaku bisnis untuk menyadari etika?

- Bagi pelaku bisnis etika harus benar – benar disadari untuk menjalankan bisnis nya dengan benar tanpa melanggar ketentuan yang ada. Dan tidak merugikan banyak kalangan juga merugikan pelaku bisnis itu sendiri.

7. Prinsip-prinsip Etika Bisnis:

*Prinsip Kejujuran Etika Bisnis,Pelaku bisnis diharuskan memiliki prinsip kejujuran agar mendapatkan kunci keberhasilan yang bertahan untuk jangka waktu lama. Jika terdapat seorang pembisnis yang berlaku tidak jujur dan curang maka kemungkinan besar tidak akan ada pelaku bisnis yang bersedia untuk melakukan kerja sama.Sikap kejujuran sendiri biasanya dikaitkan dengan harga barang yang telah ditwarkan.Dalam berbisnis secara modern, kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting. Oleh sebab itu pelaku bisnis dihimbau untuk memberikan informasi yang  sebenarnya terhadap para konsumen

*Prinsip Otonomi Etika Bisnis,Prinsip otonomi pada etika bisnis adalah kemampuan dan sikap seseorang saat mengambil tindakan dan keputusan yang berdasarkan kesadarannya sendiri mengenai apa yang dianggapnya baik yang bisa dilakukan.Jika orang sadar dalam melakukan kewajibannya dalam berbisnis maka dikatan orang tersebut sudah memiliki prinsip otonomi dalam beretika bisnis. Sebagai contoh dia paham mengenai bidang pekerjaannya dengan situasi dan tuntutan yang akan dihadapinya dan mengetahui aturan apa saja didalam bidang pekerjaannya.Selain, itu seseorang yang sudah memiliki fungsi otonomi akan sadar tentang risiko dan akibat yang akan muncul terhadap dirinya dan orang lain yang sebagai pelaku bisnis. Pada umumnya seseorang yang memiliki prinsip otonomi akan lebih menyukai diberikan kebebasan dan kewenangan  untuk melakukan hal yang dianggapnya baik.

*Prinsip Saling Memberi Keuntungan Etika Bisnis

Pelaku bisnis harus menjalankan bisnisnya dengan sebaik mungkin agar masing-masing pihak yang terkait mendapatkan keuntungan. Sama seperti prinsip keadilan, prinsip memberi keuntungan juga memiliki tujuan untuk menghindarkan salah satu pihak saja yang untung.Misalnya saja, pengusaha harus memberikan harga sebenarnya suatu barang terhadap konsumen serta memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk memberikan kepuasan konsumen. Oleh karena itu prinsip saling memberikan keuntungan harus dipegang erat.

*Prinsip Keadilan Etika Bisnis,Prinsip yang satu ini mengharuskan pelaku bisnis diperlakukan secara adil dan disesuaikan dengan kriteria rasional. selain itu pun mengharuskan seseorang agar dalam menjalankan suatu bisnis harus memperlakukan relasi internal dan eksternal secara sama dan memberikan hak mereka masing-masing. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan kerugian terhadap salah satu pihak pelaku bisnis

*Prinsip Integritas Moral Etika Bisnis,Dalam menjalankan tugasnya para pelaku bisnis harus mempertahankan nama baik perusahaannya. Pelaku bisnis harus mengelola dan menjalankan bisnis dengan sebaik mungkin agar kepercayaan konsumen atau pihak lain terhadap perusahaan tetap ada.Dengan pengertian lainnya, seseorang atau pelaku bisnis harus memberikan dorongan terhadap diri sendiri dalam berbisnis untuk memunculkan rasa bangga. Hal ini biasanya dapat terlihat dari perilaku pembisnis diluar dan didalam perusahaan.

*Caranya agar prinsip – prinsip tersebut dalam dipahami, dihayati dan diimplementasikan oleh seluruh karyawan perusahaan:

-hendaklah kita sering melakukan sosialisasi-sosialisasi serta briefing mengenai hal tersebut agar bisa dipahami dan dihayati serta diimplementasikan semua karyawan perusahaan,selain itu kita juga harus bisa roll model atau contoh yang menerapkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis agar bisa dijadikan teladan bagi karyawan lain

8 . Code of ethics adalah kode etik dan standar perilaku yang diartikan sebagai pola, aturan, tata cara, pedoman, dan etis dalam melakukan sesuatu pekerjaan

9 .A a.       Teori Keadilan Adam Smith

Alasan Adam Smith hanya menerima satu konsep atau teori keadilan adalah:

Menurut Adam Smith yang disebut keadilan sesungguhnya hanya punya satu arti yaitu keadilan komutatif yang menyangkut kesetaraan, keseimbangan, keharmonisan hubungan antara satu orang atau pihak dengan orang atau pihak yang lain.Keadilan legal sesungguhnya sudah terkandung dalam keadilan komutatif, karena keadilan legal sesungguhnya hanya konsekuensi lebih lanjut dari prinsip keadilan komutatif yaitu bahwa demi menegakkan keadilan komutatif negara harus bersikap netral dan memperlakukan semua pihak secara sama tanpa terkecuali.

Adam Smith menolak keadilan distributif sebagai salah satu jenis keadilan. Alasannya antara lain karena apa yang disebut keadilan selalu menyangkut hak semua orang tidak boleh dirugikan haknya atau secara positif setiap orang harus diperlakukan sesuai dengan haknya.

b.      Konsep keadilan menurut John Rawls

· Prinsip yang menyatakan bahwa setiap orang atau warga negara harus mendapatkan hak yang sama dari keseluruhan sistem sosial dalam mendapatkan kebebasan paling hakiki yang ditawarkan pada manusia.

·  Prinsip kedua menyatakan bahwa ketimpangan sosial dan ekonomi diatur sedemikian rupa agar memberikan keuntungan terbesar bagi kalangan yang paling tidak beruntung dalam masyarakat.

c.       Persamaannya kedua konsep tersebut memiliki tujuan untuk memprioritaskan keadilan. Sedangkan perbedaannya adalah dimana konsep Adam Smith menolak distributif sebagai salah satu jenis keadilan.


Jawaban 

Bagian 2

Kasus 1 .   Apakah masalah etis yang timbul dari masalah di atas yaitu, pembohongan public adanya jamu yang “cespleng” padahal jamu itu mengandung bahan kimia yang berbahaya yang dapat menimbulkan efek yang sangat buruk bagi peminumnya dan hal itu baru disadari dalam jangka waktu yang lama. Dan trik bisnis yang dilakukan dengan menjatuhkan harga produk lebih murah, sehingga lebih dapat menarik pembeli/konsumen. Karena di labelnya terdapat produk China yang katanya “Cespleng”.

Kasus 2 . a.   Tindakan yang dilakukan tidak etis karena membakar hutan dengan sengaja tanpa memikirkan dampak dan kerugiannya. Tindakan yang dilakukan dapat dikatakan tindakan tidak mempunyai rasa pertanggungjawaban sosial (sosial responsibility) atau dapat dikatakan juga kriminal (kejahatan korupsi) karena telah mengambil hak bersama untuk menikmati hutan tersebut.


b.  Pembukaan lahan dengan menggunakan cara membakar yang tidak terkendali dan merusak erat kaitannya dengan pembangunanindustri perkebunan di Indonesia karena empat alasan pokok berikut ini:

• Kebakaran menurunkan kualitas lahan hutan dan dengan demikian mendukung usaha untuk memiliki kawasan hutan permanen (sepertihutan produksi) secara legal untuk diklasifikasikan kembali sebagai kawasan-kawasan hutan yang tersedia untuk konversi bagi perkebunan. Dengan semakin terbatasnya ketersediaan lahan yang tidak diklasifikasikan sebagai hutan dan yang cocok untuk pembangunan perkebunan, membakar hutan kemudian menjadi suatu cara yang bermanfaat untuk meningkatkan persediaan lahan yang ada.

• Di kawasan yang telah dialokasikan untuk pembangunan perkebunan, membakar hutan adalah suatu cara yang hemat biaya untuk membuka lahan. Menurut salah satu perusahaan yang beroperasi di Kalimantan Tengah, pembukaan lahan dengan alat-alat mekanis membutuhkan biaya yang dua kali lipat lebih mahal daripada melakukan pembakaran.

• Hasil perkebunan harus diolah dalam 24 jam setelah dipanen, sehingga banyak perusahaan lebih senang jika lokasi perkebunan letaknya sedekat mungkin dengan fasilitas pengolahan dan jalur-jalur transportasi yang dapat membawa hasil panennya ke berbagai fasilitas ini. Namun, kawasan-kawasan seperti ini yang lebih mudah diakses umumnya telah padat dan diolah oleh penduduk lokal. Perusahaan-perusahaan kemudian menyewa tenaga kerja dari luar untuk bekerja dan membakar lahan masyarakat lokal yang lahannya ingin diambil alih oleh perusahaan, untuk mengusir masyarakat. Kebakaran mengurangi nilai lahan dengan cara membuat lahan menjadi terdegradasi, dan dengan demikian perusahaan akan lebih mudah dapat mengambil alih lahan dengan melakukan pembayaran ganti rugi yang murah bagi penduduk asli.

• Dalam beberapa kasus, penduduk lokal juga melakukan pembakaran untuk memprotes pengambil-alihan lahan mereka oleh perusahaan kelapa sawit.


c. Dampak Terhadap Sosial, Budaya, dan Ekonomi. Kebakaran hutan memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi yang diantaranya meliputi:

· Terganggunya aktivitas sehari-hari; Asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan secara otomatis mengganggu aktivitas manusia  sehari-hari, apalagi bagi yang aktivitasnya dilakukan di luar ruangan.

· Menurunnya produktivitas; Terganggunya aktivitas manusia akibat kebakaran hutan dapat mempengaruhi produktivitas dan penghasilan.

· Hilangnya sejumlah mata pencaharian masyarakat di dan sekitar hutan; Selain itu, bagi masyarakat yang menggantungkan hidup dari mengolah hasil hutan, dengan terbakarnya hutan berarti hilang pula area kerja (mata pencarian).

·         Meningkatnya hama; Kebakaran hutan akan memusnahkan sebagian spesies dan merusak kesimbangan alam sehingga spesies-spesies yang berpotensi menjadi hama tidak terkontrol. Selain itu, terbakarnya hutan akan membuat sebagian binatang kehilangan habitat yang kemudian memaksa mereka untuk keluar dari hutan dan menjadi hama seperti gajah monyet dan binatang lain.

·Terganggunya kesehatan; Kebakaran hutan berakibat pada pencemaran udara oleh debu, gas SOx, NOx, COx, dan lain-lain dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia, antara lain infeksi saluran pernafasan, sesak nafas, iritasi kulit, iritasi mata, dan lain-lain.

· Tersedotnya anggaran negara; Setiap tahunnya diperlukan biaya yang besar untuk menangani (menghentikan) kebakaran hutan. Pun untuk merehabilitasi hutan yang terbakar serta berbagai dampak lain semisal kesehatan masyarakat dan bencana alam yang diambilkan dari kas negara.

· Menurunnya devisa negara. Hutan telah menjadi salah satu sumber devisa negara baik dari kayu maupun produk-produk non kayu lainnya, termasuk pariwisata. Dengan terbakarnya hutan sumber devisa akan musnah. Selain itu, menurunnya produktivitas akibat kebakaran hutan pun pada akhirnya berpengaruh pada devisa negara.

d. Penggunaan istilah Hutan Tidak Terbakar yaitu lebih tepat artinya untuk kebakaran hutan bukan dari faktor alam melainkan faktor manusia.

e.Menurut saya memuat sanksi untuk yang melakukan land cleaning

f. Penegakan hukum sangatlah lemah karena masih banyak dan marak kasus tentang pembakaran hutan yang belum terselesaikan.

g.Gerakan Nasional jadilah peran pembakar hutan itu adalah musuh bangsa yang harus di hentikan.

Kasus 3. *1.Mr. Thomas tidak mengindahkan isu kasus tanggung jawab pada karyawan, hal ini di tandai dengan perbedaan gaji antara karyawan perempuan dengan laki-laki.

2. Iya, karena Mr. Thomas menekan kinerja karyawannya agar dapat menghasilkan laba yang besar tanpa memperdulikan nasib karyawannya.

3.Iya, Mr. Thomas mendeskriminasikan wanita dalam hal perbedaan gaji dan juga sebagai karyawan pengganti apabila karyawan laki-laki tidak masuk kerja.

4.Akibatnya suasana di lingkungan kerja tidak kondusif karena terjadi deskriminasi kepada karyawannya. Karena perusahaan mengambil keuntungan banyak dengan cara menekan kinerja karyawannya  dengan proporsi gaji yang tidak sesuai. Yang lama-kelamaan dapat menyebabkan perusahaan tersebut mengalami kerugian

Kasus 4 Permasalahn etis yang muncul dalam kasus pemalsuan tersebut adalah tidak menghargai hasil karya cipta seseorang yang menciptakan produk unggul yang bermanfaat bagi semua orang, tiba-tiba dibajak atau ditiru dengan mengambil karya orang lain untuk keuntungan diri sendiri


Minggu, 10 Mei 2020

Soal Ujian Akhir Semester - Pengantar Bisnis


Nama : Ricardo Igronius S
Nim    : 01219162
Kelas  : Manajemen A-01
            1.    Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
Tenaga kerja (Man)
Modal (Money)
Material/bahan baku (Material)
Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
Metode (Methods)
 Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.


Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :

a. Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Keadaan alam: SDA, lingkungan.
• Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
b. Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
• Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
• Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
• Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

         2.      Etika bisnis merupakan cara-cara saat melakukan kegiatan berbisnis yang mencakup semua aspek, baik itu yang berkaitan dengan seorang individu, perusahaan maupun masyarakat. Etika bisnis dapat membangun dan membentuk nilai-nilai, norma dan perilaku yang baik dalam berbisnis. Misalnya dalam perusahaan etika bisnis dapat membentuk perilaku karyawan yang baik, serta dapat membangun hubungan bisnis yang baik juga dengan konsumen.


CSR : Pengertian CSR (Program Corporate Social Reponsibility) secara umum adalah bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan sekitar, sederhananya bahwa setiap bentuk perusahaan mempunyai tanggungjawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program social, yang ditekankan adalah program pendidikan dan lingkungan.

Contoh perusahaan yang telah menerapkan CSR.Contoh program CSR seperti yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah
• Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy)
• Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan tradisional (Bango) dan masih banyak lagi.
Sementara dalam bidang korporasi, di bawah payung Yayasan Unilever Indonesia, telah menjalankan tanggung jawab perusahaannya dalam bidang : Program pemberdayaan masyarakat / UKM (Program Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola Hidup Bersih dan Sehat / PHBS).
         3.   #   1. ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu:
-relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
·tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
- tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi     
- seluruh keuntungan dinikmati sendiri
·sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
   2. Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan :
  a.Ciri-ciri Firma:
        # Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan.
             # Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
             # Akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau                          meninggal dunia.   

b. Ciri-ciri CV sebagai berikut:
         * Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
         * Modal besar karena didirikan banyak pihak.
        *Mudah mendapatkan kridit pinjaman.
       * Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatasdan ada              yang pasif.
        * Relatif mudah untuk didirikan.
        *  Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu.

   3. Ciri - ciri Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
    > Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi.
    >Modal dan ukuran perusahaan besar.
    >Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham.
     > Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham.
     > Kepemilikan mudah berpindah tangan.
     >  Mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan/pegawai.
     > Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal/saham dalam bentuk                    dividen. 
    > Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saha
     > Sulit untuk membubarkan pt.
     > Pajak berganda pada pajak penghasilan/pph dan pajak deviden.
#B.      lini dan staff
Organisasi Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk membantu memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu keputusan atau kebijaksanaan. Pada struktur organisasi ini Hubungan antara atasan dengan bawahan tidak secara langsung
Ciri :
1.      Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung
2.      Karyawan banyak
3.      Organisasi besar
4.      Ada dua kelompok kerja dalam organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi:
a.       Personel lini
b.      Personel staf

4. 1. Technical Skills (Keterampilan Teknis)
Adalah kemampuan untuk mengapli-kasikan pengetahuan, metoda, atau teknik spesifik dalam bidang spesialisasi tertentu. Keterampilan ini merupakan pemahaman dan kecakapan melakukan aktivitas pekerjaan yang berhubungan dengan bidang khusus atau pekerjaan tertentu.
Keterampilan Teknis biasanya lebih banyak berhubungan dengan keahlian tangan atau fisik lainnya, namun ada juga beberapa keahlian non-fisik yang bersifat teknis, seperti keahlian teknis bagi seorang akuntan dan salesman.
2. Conceptual Skills (Keterampilan Konseptual)
Adalah kemampuan untuk memandang dan memahami suatu persoalan, suatu issue atau organisasi secara keseluruhan dan mengordinasikan serta memadukan semua bagian-bagiannya yang saling terkait untuk kepentingan atau kegiatan organisasi.
Keterampilan ini merupakan pemahaman dan kecakapan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajerial, meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pendelega-sian, pengontrolan, evaluasi dan pemecahan masalah, dsb.
3. Human Skills
Keterampilan berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di perusahaan.

5. A.Perseroan Komanditer (CV)

  B.Perusahaan Perseorangan

  C.Perseroan Terbatas

  D.Perseroan Terbatas

6.  Hasil Pengamatan Yang menarik adalah bisnis ini diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa , selain itu harga dari produk bisnis tersebut cukup terjangkau  , Perlu dibantu pengembangannya yaitu cara memasarkan produk melalui media sosial dan penambahan menu produk baru yang berbeda dengan sebelumnya .


#bangganarotama

#narotamajaya

#thinksmart

#generasiemas

#suksesituaku

#pebisnismudanarotama

Senin, 13 April 2020

Tugas Pengantar Bisnis

BISNIS KECIL (SBA)

Nama : Ricardo Igronius S
Nim   : 01219162
Kelas : Manajemen A-1



1.      Jasa yang disediakan oleh Asosiasi Bisnis Kecil

Ø  Asosiasi Bisnis Kecil (SBA) menyediakan sejumlah sumber daya pinjaman untuk usaha kecil
Ø  Asosiasi Bisnis Kecil (SBA) bekerja dengan sejumlah mitra local untuk memberikan nasihat , mentor , dan melatih bisnis kecil (Bantuan Lokal)
Ø  Asosiasi Bisnis Kecil (SBA) berfokus membantu kelanjutan operasi untuk program kontrak bisnis kecil dan bisnis kecil dengan kontak federal
Ø  Asosiasi Bisnis Kecil (SBA) memberikan pinjaman ekspor untuk membantu usaha kecil mencapai penjualan melalui ekspor dan dapat membantu bisnis ini merespon peluang dan tantangan yang terkait dengan perdagangan seperti COVID-19


2.      Jenis Pelatihan yang efektif yang diperlukan bagi pemula Bisnis

·         Ketrampilan Penjualan 
Sebagai seorang pengusaha kita sudah seharusnya memiliki keterampilan untuk menjual dengan efektif
·      Kemampuan Manajerial
Saat memulai bisnis sendiri, kita harus perlu tahu cara memimpin dan mengelola tim, memotivasi karyawan, berkomunikasi secara efektif, dan mengambil keputusan dengan tepat.
·         Ketrampilan Keuangan Bisnis
Mengikuti pelatihan dan pendidikan di bidang keuangan bisnis sangat penting untuk dilakukan oleh seorang manajer. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang pemimpin perusahaan, salah satunya adalah memahami dengan baik masalah keuangan.
·         Mengembangkan Soft Skill
Keterampilan ini akan membantu untuk meningkatkan kinerja dan kesuksesan pekerjaan yang dilakukan saat ini.
·         Keterampilan Waktu Manajemen Yang Efektif
Setiap pengusaha yang sukses pasti memiliki sikap pantang menyerah, berpikir strategis, dan mampu mengelola waktu dengan efektif.
·      Berkomunikasi Secara Efektif
Keterampilan berkomunikasi secara efektif tidak hanya bermanfaat untuk sukses dalam aspek kehidupan, tetapi juga bermanfaat untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.